SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA 2019

Kategori : Kepegawaian Rabu, 18 September 2019

PENGUMUMAN
Nomor : Pansel-JPTAT/16/2019

TENTANG
SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA
DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TENGAH
TAHUN 2019

Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka dan Kompetitif dilingkungan Instansi Pemerintah, kami mengundang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dengan ketentuan sebagai berikut :
A. FORMASI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA YANG AKAN DIISI
1. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tengah;
2. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Aceh Tengah;
3. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Aceh Tengah;
4. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Tengah;

B. PERSYARATAN UMUM
1. berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Aceh;
2. berusia setinggi-tingginya 56 (lima puluh enam) tahun pada saat pengangkatan;
3. memiliki kualifikasi dan tingkat pendidikan minimal Strata Satu (S1) atau Diploma IV;
4. memiliki pangkat/golongan ruang serendah-rendahnya Pembina, IV/a;
5. pernah atau sedang menduduki jabatan administrator (eselon III) atau jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat 2 (dua) tahun;
6. memiliki kompetensi pada jabatan yang akan dilamar sesuai standar kompetensi yang telah ditetapkan;
7. memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;
8. Menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terakhir atau Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) terakhir;
9. Menyerahkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak terakhir;
10. semua unsur penilaian prestasi kerja paling sedikit bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
11. tidak sedang dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat;
12. tidak dalam status tersangka kasus tindak pidana korupsi, narkoba, pidana umum oleh aparat penegak hukum;
13. sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah;
14. bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya yang dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah/Badan Narkotika Nasional;
15. berkomitmen untuk menandatangani dan melaksanakan Pakta Integritas;
16. Mendapat surat izin/rekomendasi dari PPK daerah asal untuk mengikuti proses seleksi bagi calon yang berasal dari luar Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah;
17. setiap calon diperbolehkan mendaftar maksimal 2 (dua) jabatan.

C. JADWAL KEGIATAN
1 Pengumuman 18 September s.d. 2 Oktober 2019
2 Pendaftaran dan Penerimaan Berkas 18 September s.d. 3 Oktober 2019
3 Seleksi Administrasi 4 s.d. 6 Oktober 2019
4 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 7 Oktober 2019
5 Penulisan Makalah, Form Q-Kompetensi dan Form Data Critical Incident 8 Oktober 2019
6 Pengumpulan Powerpoint Makalah 10 Oktober 2019
7 Presentasi Makalah dan Wawancara 11 s.d. 14 Oktober 2019
8 Pengumuman Hasil Seleksi Penulisan Makalah, Presentasi dan Wawancara 16 Oktober 2019

1 2 3
9 Uji Kompetensi 17 s.d. 20 Oktober 2019
10 Pengolahan Hasil Penilaian Seleksi Administrasi, Penulisan Makalah, Presentasi, Wawancara dan Uji Kompetensi 30 Oktober 2019
11 Pengumuman Hasil Akhir Penilaian 31 Oktober 2019
12 Penyampaian Hasil Penilaian Kepada PPK Kabupaten Aceh Tengah 1 November 2019
*Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah dan diumumkan melalui website http://bkpsdm.acehtengahkab.go.id

D. PENYAMPAIAN BERKAS LAMARAN
Berkas administrasi ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dengan alamat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Tengah Jalan Yos Sudarso Nomor 1 Takengon Kabupaten Aceh Tengah dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut :
1. Surat lamaran diketik dan dibubuhi materai Rp. 6.000,- dan ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2019 (formulir 1);
2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai S1/D-IV (S2/S3 jika ada) dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk;
4. Fotokopi SK CPNS, PNS dan Pangkat Terakhir dilegalisir pejabat yang berwenang;
5. Fotokopi semua Surat Keputusan jabatan yang pernah dan sedang diduduki dilegalisir pejabat yang berwenang;
6. Fotokopi Sertifikat Diklatpim, Diklat Teknis dan Diklat Fungsional (bila ada) dilegalisir pejabat yang berwenang;
7. pakta Integritas diketik dan dibubuhi materai Rp. 6.000,- (formulir 2);
8. daftar riwayat hidup lengkap (formulir 3);
9. Fotokopi Sasaran Kineja Pegawai 2 (dua) tahun terakhir dilegalisir pejabat yang berwenang;
10. Fotokopi Tanda Terima Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak tahun terakhir;
11. Fotokopi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terakhir atau Surat Keterangan Bukti Verifikasi dari Unit Pengelola LHKPN;
12. Asli Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit Pemerintah;
13. Asli Surat Keterangan bebas narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah/Badan Narkotika Nasional;
14. Surat Pernyataan tidak sedang dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang/berat (formulir 4);
15. Surat Pernyataan tidak sedang menjalani hukuman pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap (formulir 5);
16. Surat keterangan memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik dari Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat lain yang ditunjuk (formulir 6);
17. Surat izin/rekomendasi untuk melamar dari Pejabat Pembina Kepegawaian daerah asal (formulir 7);
18. Pas photo berwarna terbaru ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing sebanyak 4 (empat) lembar latar belakang warna merah.

E. PELAKSANAAN SELEKSI
1. Seleksi Administrasi
a. Sekretariat Panitia Seleksi melakukan penilaian terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan dan menyampaikan hasilnya kepada Panitia Seleksi;
b. Pelamar yang tidak memenuhi persyaratan administrasi dinyatakan tidak lulus (gugur) dan tidak berhak mengikuti tahapan berikutnya;
c. Panitia Seleksi menetapkan dan mengumumkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi selanjutnya;
d. Minimal 3 (tiga) orang calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi berikutnya untuk 1 (satu) lowongan jabatan Pimpinan Tinggi;
e. Apabila tidak terdapat 3 (tiga) orang yang lolos administrasi di tiap jabatan maka pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan di dapat 3 (tiga) orang sesuai kebutuhan.
2. Penulisan Makalah, Presentasi dan Wawancara
a. Penulisan makalah dilaksanakan sesuai dengan jadwal;
b. Presentasi makalah dan wawancara dilaksanakan oleh Panitia Seleksi dengan ketentuan sebagai berikut :
1) presentasi makalah
a) calon mempresentasikan makalah di depan Panitia Seleksi; dan
b) penilaian makalah mempertimbangkan kemampuan presentasi dan kesesuaian isi makalah dengan bidang tugas jabatan yang dilamar.
2) Wawancara
Wawancara bersifat klarifikasi/pendalaman terhadap calon yang mencakup peminatan, motivasi, perilaku, dan karakter serta kemampuan Teknis dan Sosial Kultural;
3. Rekam Jejak
a. Panitia Seleksi melakukan penelusuran rekam jejak terhadap riwayat jabatan dan pengalaman calon peserta secara tertutup dan objektif;
b. Panitia Seleksi melakukan klarifikasi dengan pihak-pihak terkait apabila terdapat indikasi yang mencurigakan;
c. Panitia Seleksi dapat menetapkan pejabat yang akan melakukan penelusuran rekam jejak jabatan secara tertutup, obyektif dan memiliki kemampuan serta pengetahuan teknis intelejen.
4. Hasil Penilaian dan Penentuan Kelulusan Presentasi Makalah, Wawancara dan Rekam Jejak
Hasil Penilaian di rangking berdasarkan nilai yang diperoleh masing-masing peserta. Peserta yang dinyatakan lulus Presentasi Makalah dan wawancara serta rekam jejak adalah peserta yang menduduki rangking 1 sampai dengan rangking 5 dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.
5. Uji Kompetensi
Seleksi Kompetensi dilaksanakan oleh Tim Penilai Kompetensi dengan menggunakan metode assessment center atau metode tertulis, psikometri, wawancara kompetensi, analisa kasus/presentasi dan Materi seleksi kompetensi disusun oleh Panitia Seleksi dan Tim Penilai Kompetensi.
6. Evaluasi Akhir Terhadap Seluruh Tahapan Seleksi
a. Panitia Seleksi mengolah hasil dari setiap tahapan seleksi dan menyusun peringkat nilai;
b. Panitia Seleksi mengumumkan hasil tahapan seleksi administrasi, hasil presentasi dan wawancara serta hasil seleksi akhir sebanyak 3 (tiga) calon terbaik;
c. Panitia Seleksi menyampaikan hasil seleksi beserta peringkat kepada Pejabat Pembina Kepegawaian melalui Pejabat Yang Berwenang sebanyak 3 (tiga) orang untuk masing-masing jabatan.


F. KETENTUAN LAIN-LAIN
1. Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas administrasi yang lengkap sesuai dengan yang dipersyaratkan;
2. Selama proses seleksi sampai dengan penetapan calon, apabila diketahui peserta memberikan keterangan/data yang tidak benar maka Panitia Seleksi berhak menggugurkan peserta tersebut;
3. Bagi peserta yang tidak memenuhi syarat administrasi maka berkas lamaran yang bersangkutan tidak dikembalikan dan menjadi arsip Panitia Seleksi/Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Tengah;
¬ 4. Surat lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi disusun rapi dan diurutkan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan, disampaikan langsung oleh peserta dalam 1 (satu) amplop tertutup;
5. Semua hasil tahapan seleksi dan apabila jadwal berubah akan diumumkan melalui website http://bkpsdm.acehtengahkab.go.id. Kelalaian peserta karena tidak mengikuti perkembangan informasi seleksi menjadi tanggungjawab peserta;
6. Untuk penjelasan teknis administratif berkenaan dengan dokumen lamaran dapat menghubungi Sekretariat Panitia Seleksi di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Tengah;
7. Seluruh biaya akomodasi, transportasi dan biaya pribadi selama kegiatan seleksi dibebankan kepada peserta;
8. Peserta yang tidak dapat mengikuti setiap tahapan seleksi dinyatakan GUGUR;
9. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
10. Alamat Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Aceh Tengah :
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Tengah
Alamat : Jln. Yos Sudarso No. 01
Telp : (0643) 21317
Layanan SMS : 0823 6700 2726
Email : bkpsdmat@gmail.com
Website : http://bkpsdm.acehtengahkab.go.id.

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk menjadi perhatian.

Takengon, 18 September 2019

PANITIA SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA

DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TENGAH,
KETUA,

 dtO

KARIMANSYAH I, SE, MM
Pembina Utama Madya
NIP. 19620728 198503 1 003

 

Pengumuman serta Formulir Selengkapnya Kilk link dibawah ini :

PENGUMUMAN SELENGKAPNYA

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32