SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA TAHUN 2019

Kategori : Kepegawaian Minggu, 17 Februari 2019

 

 

Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka dilingkungan Instansi Pemerintah, kami mengundang Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat dan mendaftarkan diri pada pelaksanaan kegiatan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dengan ketentuan sebagai berikut :

A. JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA YANG AKAN DIISI
1. Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Aceh Tengah;
2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah;
3. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah;
4. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Aceh Tengah;
5. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah;
6. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Aceh Tengah;
7. Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Aceh Tengah;
8. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Tengah;
9. Kepala Dinas Syari’at Islam dan Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah;
10. Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Aceh Tengah;


B. KETENTUAN UMUM
1. berstatus sebagai PNS Daerah pada Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah;
2. memiliki pangkat/golongan ruang serendah-rendahnya Pembina, IV/a;
3. pada saat mendaftar berusia setinggi-tingginya 55 Tahun 10 Bulan pada tanggal 31 Maret 2019;
4. pernah atau sedang menduduki jabatan administrator (eselon III) atau jabatan fungsional jenjang ahli madya paling singkat 2 (dua) tahun;
5. memiliki kualifikasi dan tingkat pendidikan minimal Strata Satu (S1);
6. semua unsur penilaian prestasi kerja paling sedikit bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
7. tidak sedang dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang/berat;
8. Tidak sedang menjalani hukuman pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap;
9. berkomitmen untuk menandatangani dan melaksanakan Pakta Integritas;
10. memiliki kompetensi pada jabatan yang akan dilamar berdasarkan riwayat pekerjaan, pendidikan dan pelatihan;
11. sehat jasmani dan rohani;
12. setiap calon diperbolehkan mendaftar maksimal 2 (dua) jabatan.

C. JADWAL KEGIATAN
NO KEGIATAN TANGGAL
1 Pengumuman 18 Februari s.d. 04 Maret 2019
2 Pendaftaran dan Penerimaan Berkas 18 Februari s.d. 05 Maret 2019
3 Seleksi Administrasi 06 s.d. 08 Maret 2019
4 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 09 Maret 2019
5 Pengumpulan Makalah dan Powerpoint Makalah 10 Maret 2019
6 Presentasi Makalah, Wawancara dan Rekam Jejak 11 s.d. 18 Maret 2019
7 Pengumuman Hasil Seleksi Penulisan Makalah, Presentasi dan Wawancara 20 Maret 2019
8 Uji Kompetensi 21 s.d. 24 Maret 2019
9 Pengolahan Hasil Penilaian Seleksi Administrasi, Penulisan Makalah, Presentasi, Wawancara dan Uji Kompetensi 27 s.d 28 Maret 2019
10 Pengumuman Hasil Akhir Penilaian 29 Maret 2019
11 Penyampaian Hasil Penilaian Kepada PPK Kabupaten Aceh Tengah 30 Maret 2019
*Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah dan diumumkan melalui portal http://bkpsdm.acehtengahkab.go.id


D. PENYAMPAIAN BERKAS LAMARAN
Berkas administrasi ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dengan alamat Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Tengah Jalan Yos Sudarso Nomor 1 Takengon Kabupaten Aceh Tengah dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut :

1. surat lamaran bermaterai Rp. 6.000,- (formulir 1);
2. pakta Integritas bermaterai Rp. 6.000,- (formulir 2);
3. daftar riwayat hidup lengkap (formulir 3);
4. Makalah sesuai jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang dilamar (formulir 4) dan di buat rangkap 7 (tujuh);
5. mengisi Form Data Critical Incident (formulir 5);
6. mengisi Form Q-Kompetensi (formulir 6);
7. Foto copy semua Surat Keputusan jabatan yang pernah dan sedang diduduki dilegalisir pejabat yang berwenang;
8. Foto copy SK CPNS, PNS dan Pangkat Terakhir dilegalisir pejabat yang berwenang;
9. Foto copy Sertifikat Diklatpim, Diklat Teknis dan Diklat Fungsional (bila ada) dilegalisir pejabat yang berwenang;
10. Foto copy Sasaran Kineja Pegawai 2 (dua) tahun terakhir dilegalisir pejabat yang berwenang;
11. Foto copy Tanda Terima Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak (SPT) dan Bukti Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun terakhir;
12. Foto copy ijazah dan transkrip nilai S1 (S2/S3 jika ada);
13. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Tim Penguji Kesehatan PNS pada RSU Datu Beru Takengon;
14. Surat Pernyataan tidak sedang dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang/berat (formulir 7);
15. Surat Pernyataan tidak sedang menjalani hukuman pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap (formulir 8);
16. Pas photo berwarna terbaru ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing sebanyak 4 (empat) lembar latar belakang warna merah.


E. PELAKSANAAN SELEKSI
1. Seleksi Administrasi
a. Sekretariat Panitia Seleksi melakukan penilaian terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan dan menyampaikan hasilnya kepada Panitia Seleksi;
b. Panitia Seleksi menetapkan dan mengumumkan calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi selanjutnya;
c. Minimal 4 (empat) orang calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi berikutnya untuk 1 (satu) lowongan jabatan Pimpinan Tinggi;
d. Apabila tidak terdapat 4 (empat) orang yang lolos administrasi di tiap jabatan maka pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan di dapat 4 (empat} orang sesuai kebutuhan.
2. Makalah, Presentasi dan Wawancara
a. Makalah disusun berdasarkan kesesuaian antara Tema dengan jabatan yang akan dilamar, dengan ketentuan sebagai berikut :
1) Pengetikan di Kertas A4/kuarto 70 gram;
2) Jenis huruf Arial dengan ukuran 12;
3) Jumlah halaman minimal 7 maksimal 10 halaman selain cover, daftar isi dan tinjauan pustaka;
4) Jarak 1,5 spasi;
5) Dijilid rapi rangkap 7 (tujuh);
6) Sistematika :
a) Bab I : PENDAHULUAN;
1.1 Latar Belakang
1.2 Permasalahan
1.3 Tujuan Penulisan Makalah
b) Bab II : PEMBAHASAN
2.1 Kebijakan dan Strategis
2.2 Program Kegiatan Prioritas terkait Pemecahan Masalah
c) Bab III : Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
d) Daftar Pustaka
b. Presentasi makalah dan wawancara dilaksanakan oleh Panitia Seleksi dengan ketentuan sebagai berikut :
1) presentasi makalah
a) calon mempresentasikan makalah di depan Panitia Seleksi; dan
b) penilaian makalah mempertimbangkan kemampuan presentasi dan kesesuaian isi makalah dengan bidang tugas jabatan yang dilamar.
2) Wawancara
Wawancara bersifat klarifikasi/pendalaman terhadap calon yang mencakup peminatan, motivasi, perilaku, dan karakter serta kemampuan Teknis dan Sosial Kultural;
3. Rekam Jejak
a. Panitia Seleksi melakukan penelusuran rekam jejak terhadap riwayat jabatan dan pengalaman calon peserta secara tertutup dan objektif;
b. Panitia Seleksi melakukan klarifikasi dengan pihak-pihak terkait apabila terdapat indikasi yang mencurigakan;
c. Panitia Seleksi dapat menetapkan pejabat yang akan melakukan penelusuran rekam jejak jabatan secara tertutup, obyektif dan memiliki kemampuan serta pengetahuan teknis intelejen.
4. Hasil Penilaian dan Penentuan Kelulusan Presentasi Makalah, Wawancara dan Rekam Jejak
Hasil Penilaian di rangking berdasarkan nilai yang diperoleh masing-masing peserta. Peserta yang dinyatakan lulus Presentasi Makalah dan wawancara serta rekam jejak adalah peserta yang menduduki rangking 1 sampai dengan rangking 5 dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.
5. Uji Kompetensi
Seleksi Kompetensi dilaksanakan oleh Tim Penilai Kompetensi dengan menggunakan metode assessment center atau metode tertulis, psikometri, wawancara kompetensi, analisa kasus/presentasi dan Materi seleksi kompetensi disusun oleh Panitia Seleksi dan Tim Penilai Kompetensi.
6. Evaluasi Akhir Terhadap Seluruh Tahapan Seleksi
a. Panitia Seleksi mengolah hasil dari setiap tahapan seleksi dan menyusun peringkat nilai;
b. Panitia Seleksi mengumumkan hasil tahapan seleksi administrasi, hasil presentasi dan wawancara serta hasil seleksi akhir sebanyak 3 (tiga) calon terbaik;
c. Panitia Seleksi menyampaikan hasil seleksi beserta peringkat kepada Pejabat Pembina Kepegawaian melalui Pejabat Yang Berwenang sebanyak 3 (tiga) orang untuk masing-masing jabatan.

F. KETENTUAN LAIN-LAIN
1. Berkas administrasi yang akan diproses adalah berkas administrasi yang lengkap sesuai dengan yang dipersyaratkan;
2. Selama proses seleksi sampai dengan penetapan calon, apabila diketahui peserta memberikan keterangan/data yang tidak benar maka Panitia Seleksi berhak menggugurkan peserta tersebut;
3. Bagi Pelamar yang tidak memenuhi syarat administrasi maka berkas lamaran yang bersangkutan tidak dikembalikan dan menjadi arsip Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Tengah;
4. Surat lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi disusun rapi dan diurutkan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan, disampaikan langsung oleh yang bersangkutan dalam 1 (satu) amplop tertutup;
5. Semua hasil tahapan seleksi dan apabila Jadwal berubah akan diumumkan melalui portal http://bkpsdm.acehtengahkab.go.id.
6. Peserta yang tidak dapat mengikuti setiap tahapan seleksi dinyatakan GUGUR.
7. Keputusan Panitia Seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

                                                              Takengon, 16 Februari 2019
                                               PANITIA SELEKSI JABATAN PIMPINAN TINGGI

                                                    PRATAMA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH

                                                   KABUPATEN ACEH TENGAH,
                                                     KETUA,

                                                    dto 

                                                       KARIMANSYAH I, SE, MM
                                                   Pembina Utama Madya
                                                    NIP. 19620728 198503 1 003

 

Pengumuman serta Formulir Selengkapnya Kilk link dibawah ini :

PENGUMUMAN SELENGKAPNYA

JADWAL KEGIATAN

PENYAMPAIAN BERKAS LAMARAN

PELAKSANAAN SELEKSI

CONTOH LUNAS PAJAK

Formulir Isian 1                          Formulir Isian 4                            Formulir Isian 7

Formulir Isian 2                          Formulir Isian 5                            Formulir Isian 8

Formulir Isian 3                          Formulir Isian 6                          

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32